Syarat & Ketentuan

Syarat dan Ketentuan ini ("Syarat dan Ketentuan") mengatur akses Anda sebagai pengguna (“Pengguna”) dalam penggunaan website, aplikasi seluler, aplikasi web dan semua layanan teknologi dalam bentuk lain terbatas kepada layanan-layanan yang disediakan oleh PT. KLINIK SEHAT TEKNOLOGI (“KlinikSehat).

Dengan mengunduh, memasang, dan/atau menggunakan Layanan KlinikSehat, Pengguna setuju bahwa Pengguna telah membaca, memahami, mengetahui, menerima, dan menyetujui seluruh informasi, syarat-syarat, dan ketentuan-ketentuan penggunaan Layanan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan ini termasuk kepada setiap perubahan terhadap Syarat dan Ketentuan, yang mana akan diinformasikan oleh KlinikSehat kepada Pengguna dari waktu ke waktu. Syarat dan Ketentuan ini akan berlaku sebagai suatu perikatan antara Pengguna dengan KlinikSehat terkait tata cara dan penggunaan Layanan.

  1. Istilah dan Pengertian dalam Syarat dan Ketentuan merujuk kepada hal sebagaimana berikut:

    KlinikSehat merupakan jaringan Klinik yang dibentuk dan didukung oleh teknologi KlinikSehat bekerja sama dengan Ikatan Dokter Indonesia dengan menggunakan merek KlinikSehat yang memberikan layanan kesehatan kepada para pengguna. Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merupakan organisasi profesi kedokteran di Indonesia PT. Klinik Sehat Teknologi merupakan:

    • Penyelenggara sistem elektronik: KlinikSehat merupakan Badan Usaha yang menyediakan, mengelola, dan/atau mengoperasikan Sistem Elektronik (prosedur elektronik yang berfungsi mempersiapkan, mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menyimpan,menampilkan, mengumumkan, mengirimkan, dan/atau menyebarkan informasi elektronik) kepada Pengguna untuk keperluan pelayanan kesehatan.
    • Teknologi kesehatan: KlinikSehat merupakan sebuah teknologi yang dirancang sebagai alat dan/atau metode yang ditujukan untuk membantu menegakkan diagnosa, pencegahan, dan penanganan permasalahan kesehatan pasien.
    • Mitra KlinikSehat merupakan mitra pemroses pembayaran, mitra kurir, mitra farmasi, mitra telemedicine, mitra rumah sakit yang dipilih oleh pasien untuk menjalankan pelayanan KlinikSehat
    • Aplikasi merupakan halaman antarmuka (User Interface) beserta bagian belakang layar (Backend) yang dapat dibuka pengguna di gawai maupun di personal komputer mereka untuk mengakses layanan KlinikSehat
    • Situs merupakan sistem antarmuka untuk mengakses, memanipulasi, dan mengunduh dokumen hipertaut yang terdapat dalam komputer yang dihubungkan melalui internet.
    • Layanan merupakan jasa kesehatan yang ditawarkan oleh KlinikSehat kepada Pengguna melalui KlinikSehat termasuk jasa pendukung yang memudahkan pengguna sehubungan dengan jasa kesehatan tersebut.
    • Tenaga Medis dan/atau Tenaga Kesehatan merupakan Pihak profesional yang berhak memberikan layanan kesehatan dan memiliki izin untuk menjalankan profesinya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, yang bekerja sama dengan KlinikSehat maupun KlinikSehat sehubungan dengan pemberian layanan melalui aplikasi dan/atau situs.
  2. Batasan Usia

    Dengan mengakses Layanan, Pengguna menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna merupakan seseorang yang secara hukum mampu mengadakan dan mengikatkan diri pada sebuah perjanjian berdasarkan hukum Republik Indonesia, khususnya Syarat dan Ketentuan ini. Pengguna setidaknya berusia 21 (dua puluh satu) tahun atau sudah menikah dan tidak di bawah perwalian. Jika Pengguna berusia di bawah 21 (dua puluh satu) tahun dan belum menikah, maka Pengguna harus mendapatkan izin dari orang tua atau wali sah Pengguna. Kecuali Pengguna menyatakan sebaliknya, dengan mengakses atau menggunakan Layanan, kami menganggap bahwa Pengguna secara hukum mampu menyanggupi Ketentuan berdasarkan hukum Indonesia. Jika Pengguna bertindak serta mendaftarkan atas nama suatu badan usaha, maka Pengguna juga menyatakan dan menjamin bahwa Pengguna berwenang untuk bertindak untuk dan atas nama badan hukum tersebut. KlinikSehat secara sepihak berwenang untuk menutup atau membatalkan akun Anda apabila hal-hal yang diatur dalam batasan usia tersebut tidak benar.

  3. Pembaruan Persyaratan Layanan Medis
    • Dari waktu ke waktu mungkin terjadi pembaruan persyaratan layanan medis yang akan diinformasikan kepada Pengguna melalui website KlinikSehat, telp, SMS, atau email Pengguna setidaknya 30 hari sebelum waktu efektif dari perubahan tersebut.
    • Jika Pengguna tidak setuju terhadap perubahan tersebut, maka Pengguna sebaiknya tidak lagi menggunakan layanan di KlinikSehat pada tanggal berlakunya perubahan tersebut.
    • Jika Pengguna tetap menggunakan layanan KlinikSehat pada saat perubahan telah diberlakukan, maka tindakan Pengguna tersebut akan dianggap sebagai sebuah penerimaan dan persetujuan dari Pengguna untuk mengikatkan diri kepada terhadap Syarat dan Ketentuan yang diubah.
    • KlinikSehat menghimbau Pengguna untuk melakukan pembaharuan secara berkala dari waktu ke waktu dengan tujuan untuk mendapatkan kualitas dari Layanan yang secara berkala ditingkatkan.
  4. Biaya dan Pembayaran Layanan
    • Pengguna memahami dan menyetujui harga yang tertera pada Layanan KlinikSehat dapat berubah apabila Pengguna mendapatkan layanan tambahan lainnya.
    • KlinikSehat menyediakan beberapa metode pembayaran dan Pengguna bebas memilih metode pembayaran yang tersedia pada saat melakukan pembayaran Layanan di KlinikSehat.
    • KlinikSehat dapat menggunakan jasa pihak ketiga untuk penyediaan metode pembayaran. Metode pembayaran dari pihak ketiga tersebut sangat mungkin memiliki ‘syarat dan ketentuan’ sendiri yang berbeda dengan yang dimiliki oleh KlinikSehat dan KlinikSehat oleh karena itu segala hal terkait tingkat keamanan dan jaminan kerahasian data serta segala bentuk kegagalan sistem terkait yang disebabkan hal yang di luar kendali KlinikSehat terkait dengan layanan pembayaran yang disediakan pihak ketiga adalah di luar tanggung jawab KlinikSehat. Namun demikian, apabila diperlukan KlinikSehat dapat membantu menyelesaikan masalah yang mungkin timbul. Jika Pengguna memilih menggunakan metode pembayaran dari pihak ketiga tersebut maka Pengguna juga menyetujui Syarat & Ketentuan yang mereka miliki.
    • Penyedia jasa perbankan/pembayaran yang dipilih oleh Pengguna dapat mengenakan biaya tambahan kepada Pengguna atas layanan yang diberikan.
    • KlinikSehat memiliki hak untuk memperbaiki tagihan yang keliru, bahkan setelah Pengguna telah melakukan pembayaran.
    • Jika Pengguna menggunakan asuransi untuk pembayaran di layanan KlinikSehat, maka KlinikSehat memiliki hak untuk melakukan klaim pembayaran layanan pada perusahan asuransi yang digunakan oleh Pengguna.
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa tidak semua layanan KlinikSehat bisa menggunakan asuransi yang Pengguna miliki.
    • Ketentuan biaya, metode pembayaran, dan/atau ketersediaan asuransi dapat berubah dari waktu ke waktu sesuai kebijakan KlinikSehat dan/atau KlinikSehat.
  5. Jadwal Layanan
    • Pengguna mengerti dan setuju bahwa jika jadwal Layanan telah ditentukan maka Pengguna bersedia mengikuti jadwal yang telah ditentukan tersebut.
    • Jika Pengguna tidak hadir pada jadwal yang telah ditentukan oleh Pengguna, tanpa ada pemberitahuan apapun dari Pengguna, maka Pengguna diberikan waktu selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sejak jadwal semula untuk menentukan kembali jadwal pelayanan. * Apabila dalam waktu 30 (tiga puluh) hari tersebut tetap tidak ada pemberitahuan ataupun keterangan dari Pengguna maka biaya – biaya yang telah dibayarkan oleh Pengguna tidak dapat dikembalikan dalam bentuk dan cara apapun.
    • Jika Pengguna terlambat hadir dari jadwal yang telah ditetapkan maka KlinikSehat berhak mengkonfirmasi ulang kepada pengguna. Untuk kenyamanan para pihak, termasuk Pengguna itu sendiri, KlinikSehat menghimbau kepada Pengguna untuk dapat memberikan pemberitahuan sebelumnya apabila terdapat kemungkinan keterlambatan.
    • Jika Pengguna membatalkan layanan dalam waktu kurang dari 24 jam baik dengan ataupun tanpa informasi apapun dari Pengguna, maka biaya-biaya yang telah dibayarkan oleh Pengguna tidak dapat dikembalikan dalam bentuk dan cara apapun.
    • Pengguna mengerti dan setuju bahwa konfirmasi jadwal akan dilakukan oleh pihak KlinikSehat satu hari sebelum jadwal Layanan yang dipilih oleh pengguna
    • Pengguna mengerti dan setuju bahwa KlinikSehat memiliki hak mengubah jadwal jika produk Layanan tertentu sedang tidak tersedia atau terdapat situasi dan kondisi kegawatdaruratan di KlinikSehat sehingga tenaga medis tidak dapat memberikan Layanan.
    • Pengguna mengerti dan setuju bahwa KlinikSehat hanya melayani pengguna yang sudah mendaftar, setidaknya maksimal H-1 demi kenyamanan pengguna dan kelancaran layanan.
  6. Persetujuan Pengguna Dalam Menggunakan Layanan
    • Dengan menggunakan Layanan KlinikSehat, artinya Pengguna memahami dan menyetujui tenaga medis dan tenaga kesehatan akan memberikan layanan pada Pengguna sesuai dengan kondisi yang Pengguna alami
    • Pengguna memiliki hak untuk tidak menyetujui layanan yang diberikan, sehingga Pengguna boleh menolak untuk tidak mendapat layanan di KlinikSehat
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa jika Pengguna mendapatkan layanan di KlinikSehat, maka data rekam medis Pengguna akan disimpan secara online dalam sistem yang dikelola oleh KlinikSehat. Data dapat diakses oleh tenaga medis dan tenaga kesehatan saat Pengguna menggunakan Layanan di Mitra KlinikSehat demi pengambilan keputusan diagnosis, perawatan medis, dan tata laksana yang tepat untuk Pengguna sesuai ilmu kedokteran yang ada.
  7. Penghentian Layanan
    • Pengguna memiliki hak untuk berhenti menggunakan Layanan di KlinikSehat kapan pun dengan alasan apapun.
    • KlinikSehat memiliki hak untuk menghentikan Pengguna untuk menggunakan Layanan di KlinikSehat jika Pengguna didapati melakukan hal yang melanggar Syarat dan Ketentuan, Kebijakan Privasi, dan/atau peraturan perundang-undangan termasuk namun tidak terbatas pada kesengajaan menggunakan Layanan untuk mendapatkan resep dokter untuk obat golongan narkotika, melakukan ancaman terhadap tim KlinikSehat, melakukan penolakan untuk membayar layanan secara berkala, serta melakukan pemalsuan data.
    • Jika KlinikSehat Pengguna untuk menggunakan Layanan dengan alasan tertentu, Pengguna akan diberitahukan melalui telp, SMS, atau email yang Pengguna daftarkan.
  8. Penggunaan Layanan KlinikSehat
    • Pengguna mengetahui dan memahami bahwa KlinikSehat memiliki berbagai layanan
    • Pengguna mengetahui dan memahami bahwa penggunaan untuk Layanan tertentu tidak bisa diminta atau ditentukan sepihak oleh Pengguna. Untuk Layanan tertentu tersebut memerlukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter untuk kemudian ditentukan apakah Pengguna dapat atau perlu mengambil layanan lebih lanjut. Hal ini dilakukan agar Layanan yang diberikan dapat sesuai dengan kondisi medis Pengguna dan kualitas perawatan yang baik.
    • Saat ini selain konsultasi dokter di KlinikSehat, terdapat beberapa Layanan KlinikSehat lainnya, meliputi:
      1. Layanan Vaksinasi
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa jika Pengguna menggunakan Layanan Vaksinasi, maka Pengguna telah setuju dengan segala Syarat & Ketentuan KlinikSehat
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa sebelum mendapatkan Layanan Vaksinasi, Pengguna harus mengisi booklet vaksinasi dan self-assessment secara digital
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa layanan vaksinasi bukan layanan yang bisa Pengguna lakukan atas permintaan sendiri. Pengguna bisa meminta layanan ini, namun penentuan pelaksanaan layanan ditentukan oleh dokter berkualifikasi dengan menilai kondisi medis Pengguna.
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa sebelum melakukan vaksinasi, tenaga medis atau tenaga kesehatan akan melakukan wawancara (anamnesis) dengan Pengguna untuk memastikan Pengguna tidak memiliki kontraindikasi terhadap vaksinasi yang diinginkan. Pengguna memiliki tanggung jawab penuh untuk menyediakan informasi pribadi secara akurat dan jujur guna menjamin ketepatan dan keakuratan perawatan. Apabila Pengguna memberikan informasi yang tidak benar, maka KlinikSehat dan KlinikSehat tidak bertanggung jawab atas segala akibat yang dapat terjadi sehubungan dengan pemberian dan penggunaan informasi tidak benar tersebut
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa jika terdapat kondisi tertentu pada pengguna dengan usia di bawah 18 tahun, maka pengguna perlu melakukan konsultasi kepada dokter spesialis anak sebelum melakukan vaksinasi
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa sebelum melakukan vaksinasi, tenaga medis dan petugas kesehatan KlinikSehat akan menunjukkan vaksin yang akan diberikan kepada Pengguna, informasi vaksin seperti merek vaksin, tanggal kedaluwarsa, dan kualitas vaksin. Hal ini bertujuan agar Pengguna mengetahui bahwa vaksin yang digunakan betul aman, berkualitas, asli, dan tidak kadaluarsa.
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa vaksinasi adalah sebuah prosedur yang aman dan dilakukan untuk pencegahan primer terhadap suatu penyakit spesifik, namun tidak menutup kemungkinan terjadinya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi). Pengguna memahami dan menyetujui bahwa saat vaksinasi, tenaga medis atau tenaga kesehatan KlinikSehat akan menjelaskan tentang KIPI yang spesifik dengan vaksin yang Pengguna dapatkan, selain itu Pengguna juga dapat mengakses informasi seputar KIPI, seperti definisi, ciri-ciri, dan cara penanganannya secara digital.
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa tenaga medis atau tenaga kesehatan KlinikSehat akan menghubungi Pengguna 30 menit pasca Layanan Vaksinasi untuk pemantauan dan evaluasi KIPI
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa jika terjadi hal yang dirasa tidak biasa pada tubuh Pengguna setelah vaksinasi, maka Pengguna perlu segera berkonsultasi ke dokter. Namun jika hal yang alami terasa berat, mendadak, dan mengganggu, maka Pengguna dihimbau untuk segera mencari bantuan medis ke fasilitas kesehatan terdekat
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa bentuk terberat dari KIPI adalah syok anafilaktik yang berpotensi mengancam nyawa jika tidak mendapat penanganan segera. Hal ini sangat jarang terjadi dan jika terjadi biasanya dalam kurun waktu 30 menit setelah vaksinasi. Meskipun jarang terjadi, Pengguna dihimbau untuk tetap waspada. Jika hal ini terjadi, Pengguna perlu mendapatkan penanganan medis segera di Instalasi Gawat Darurat fasilitas kesehatan terdekat.
        • Pengguna memahami dan menyetujui tenaga medis dan tenaga kesehatan kami akan melakukan penanganan sesuai prosedur medis pada Pengguna jika terjadi perubahan kondisi setelah Pengguna melakukan Layanan Vaksinasi
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa terdapat KIPI lain yang mungkin terjadi setelah vaksinasi, namun tidak dijabarkan secara lengkap pada Syarat & Ketentuan ini. Pengguna akan mendapatkan informasi tersebut dari dokter dan knowledge base KlinikSehat yang dapat diakses oleh Pengguna kapanpun dan dimanapun secara digital.
      2. Layanan Telekonsultasi
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa jika Pengguna menggunakan Layanan Telekonsultasi, maka Pengguna telah setuju dengan segala Syarat & Ketentuan KlinikSehat.
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk menggunakan layanan telekonsultasi maka Pengguna harus melakukan reservasi terlebih dahulu.
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa telekonsultasi memiliki keterbatasan jarak sehingga dokter tidak bisa melihat langsung dan memeriksa Pengguna secara langsung. Hal ini bisa membuat adanya keterbatasan dalam penegakkan diagnosis sehingga hanya bisa menangani kondisi-kondisi tertentu.
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa telekonsultasi tidak bisa digunakan untuk menangani kondisi gawat darurat medis serta kondisi yang mengancam nyawa.
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa durasi per satu sesi telekonsultasi adalah maksimal lima belas menit.
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa dokter tidak bisa mengeluarkan surat keterangan sehat ketika Pengguna melakukan telekonsultasi dan bukan tatap muka.
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa terdapat keterbatasan Layanan Telekonsultasi terkait analisis dokter terhadap kondisi medis Pengguna sehingga memungkinkan adanya kebutuhan untuk Pengguna datang ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, melakukan pemeriksaan laboratorium, atau prosedur medis lainnya dalam menunjang penegakkan diagnosis dan tata laksana.
        • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa KlinikSehat atau Faskes Rekanan KlinikSehat termasuk tenaga medis maupun tenaga kesehatan berhak untuk menyimpan dan menggunakan informasi mengenai data pribadi milik Pengguna termasuk namun tidak terbatas kepada Informasi pribadi mengenai data diri (nama, tempat tanggal lahir, alamat / domisili, nomor Kartu Tanda Penduduk, nomor telepon, alamat email), hasil rekam medis, diagnosa, dan informasi pribadi lainnya yang didapatkan berdasarkan layanan ini.
      3. Layanan Lainnya
        • Pengguna memahami bahwa KlinikSehat senantiasa mengembangkan Layanannya sehingga tidak menutup kemungkinan terdapat layanan baru atau perubahan Layanan. Segala informasi mengenai Layanan akan KlinikSehat dan KlinikSehat beritahukan melalui Website, Aplikasi, serta media sosial milik KlinikSehat dan KlinikSehat. Informasi juga diberitahukan melalui email, telp, atau SMS yang didaftarkan Pengguna.
  9. COVID-19
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap KlinikSehat akan melaksanakan protokol kesehatan ketat demi menjaga keamanan tenaga medis, tenaga kesehatan, Pengguna, dan orang-orang disekitar dari penularan Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19) yang disebabkan Virus SARS-CoV-2 serta berkontribusi memutus rantai penularan COVID-19.
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa akan mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan ketat yang telah ditentukan pemerintah dan KlinikSehat demi demi menjaga keamanan tenaga medis, tenaga kesehatan, Pengguna, dan orang-orang disekitar dari penularan Coronavirus Disease 2019 ( Covid-19) yang disebabkan Virus SARS-CoV-2 serta berkontribusi memutus rantai penularan COVID-19.
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa setiap orang tanpa terkecuali wajib menerapkan protokol kesehatan di lingkungan KlinikSehat, apabila ditemukan adanya pelanggaran protokol kesehatan oleh Pengguna selama di lingkungan KlinikSehat, maka KlinikSehat berwenang untuk mengambil tindakan termasuk namun tidak terbatas pada menegur, meminta Pengguna untuk menggunakan perlengkapan protokol kesehatan, melarang Pengguna untuk masuk dalam lingkungan KlinikSehat, hingga memaksa keluar Pengguna yang tidak mau mematuhi protokol kesehatan.
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna yang sedang dalam kondisi diduga terinfeksi Covid-19 dan sedang menunggu hasil PCR Test atau telah dinyatakan positif terinfeksi Covid-19, baik berdasarkan PCR Test maupun Rapid Test, maka Pengguna diwajibkan untuk memberitahukan kondisi tersebut kepada KlinikSehat sebelum jadwal kedatangan sehingga KlinikSehat mampu melakukan prosedur untuk meminimalisir bahkan mencegah terjadinya penularan di lingkungan KlinikSehat.
    • KlinikSehat membuka Layanan pemeriksaan untuk mendeteksi coronavirus tipe SARS-CoV-2 dengan metode Rapid Test berdasarkan ketentuan sebagai berikut:
      • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa hasil pemeriksaan bersifat tertutup dan rahasia, kepada Pengguna, tim tenaga medis dan kesehatan yang melakukan perawatan, serta apabila diperlukan instansi kesehatan terkait.
      • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa KlinikSehat dapat melaporkan hasil pemeriksaan Rapid Test kepada instansi pemerintah terkait sesuai standar medis dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
      • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa untuk melakukan pemeriksaan Rapid Test maka Pengguna akan menjalani prosedur-prosedur tertentu yang ditetapkan sesuai standar medis dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
  10. Tanggung Jawab Pengguna
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna akan memberikan informasi valid, benar, dan bisa dipertanggungjawabkan terkait kondisi Pengguna
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa Pengguna tidak akan melakukan tindakan ancaman yang berpotensi merugikan pada tenaga medis, tenaga kesehatan KlinikSehat, dan tim KlinikSehat lainnya
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa jika Pengguna kedapatan melakukan tindakan melanggar Syarat dan Ketantuan, Kebijakan Privasi, dan/atau perundang-undangan, maka KlinikSehat berhak melakukan penghentian Layanan kepada Pengguna secara sepihak dan apabila diranggap perlu, KlinikSehat dan KlinikSehat dapat memenuntut secara hukum Pengguna yang melanggar Syarat dan Ketantuan, Kebijakan Privasi, dan/atau perundang-undangan.
  11. Pembatasan Tanggung Jawab
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa KlinikSehat dan KlinikSehat tidak bertanggung jawab terhadap kondisi medis yang Pengguna alami karena penyalahgunaan serta tindakan yang Pengguna lakukan yang bertentangan dangan saran medis dari tenaga medis dan/atau tenaga kesehatan, contohnya tidak segera konsultasi dengan dokter atau datang ke fasilitas kesehatan terdekat ketika terjadi KIPI.
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa KlinikSehat hanyalah perantara yang menghubungkan antara Pengguna dengan KlinikSehat beserta Tenaga Medis dan/atau Tenaga Kesehatan oleh karena itu Pengguna membebaskan KlinikSehat dari segala resiko, tuntutan, ganti rugi, serta akibat hukum lainnya yang berkaitan dengan ketepatan dan keakuratan perawatan dan pengobatan KlinikSehat, Tenaga Medis, dan/atau Tenaga Kesehatan, pernyataan-pernyataan Tenaga Medis dan Tenaga Kesehatan yang melakukan perawatan dan pengobatan, serta percakapan pribadi antara Pengguna dengan Tenaga Medis dan/atau Tenaga Kesehatan.
  12. Hak Kekayaan Intelektual

    Layanan ini dimiliki dan dioperasikan oleh KlinikSehat. Seluruh konten dan desain Layanan dilindungi oleh perundang-undangan Republik Indonesia terkait hak cipta dan hukum hak cipta internasional. Semua hak mengenai Layanan dan materi yang terkandung di Layanan dimiliki oleh KlinikSehat, dilisensikan kepadanya, atau digunakan dengan izin. KlinikSehat dan pemberi lisensinya mempertahankan dan mencadangkan semua hak kepemilikan untuk konten Layanan ini.

    Pengguna tidak boleh menyalin, menerbitkan ulang, mengunggah, memposting, menampilkan, mengirimkan, atau membingkai materi dalam Layanan KlinikSehat tanpa persetujuan tertulis sebelumnya dari KlinikSehat. Pengguna dapat menautkan, melihat, mengunduh, menggunakan, menampilkan, dan mencetak satu salinan materi yang ditemukan dalam Layanan hanya untuk keperluan pribadi, nonkomersial, dan informasi selama: (1) Pengguna tidak mengubah atau memodifikasi materi dalam cara; (2) Pengguna memasukkan semua hak cipta, merek dagang, dan pemberitahuan serta penafian lain yang berlaku; dan (3) Pengguna tidak menggunakan materi dengan cara yang menyarankan asosiasi dengan KlinikSehat atau entitas terafiliasi. Semua salinan semacam itu harus mencakup, sekurang-kurangnya, pemberitahuan hak cipta berikut: "Hak Cipta © [tahun berjalan] KlinikSehat Indonesia" Jika Pengguna melanggar salah satu dari persyaratan ini, lisensi Pengguna terhadap layanan akan segera berakhir dan secara otomatis dan tanpa pemberitahuan.

  13. Waspada Penipuan
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa segala informasi yang valid berasal dari Website, Instagram (@KlinikSehat), Facebook, Twitter, WhatsApp, Email resmi kami. Pengguna perlu waspada jika ada pihak tidak bertanggung jawab menghubungi Pengguna dengan mengatasnamakan KlinikSehat dan/atau KlinikSehat.
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa jika ada pihak tidak bertanggung jawab mengatasnamakan KlinikSehat atau KlinikSehat menghubungi Pengguna di luar dari kontak resmi yang kami miliki, maka Pengguna dihimbau untuk mengonfirmasi langsung ke alamat dan kontak resmi KlinikSehat dan/atau KlinikSehat.
    • Pengguna memahami dan menyetujui bahwa jika ada pihak tidak bertanggung jawab menghubungi Pengguna mengatasnamakan KlinikSehat atau KlinikSehat di luar dari kontak resmi yang kami miliki, maka KlinikSehat dan KlinikSehat tidak bertanggung jawab atas akibat yang ditimbulkan.
  14. Pemberitahuan

    Pengguna memahami dan menyetujui bahwa KlinikSehat dan/atau KlinikSehat dapat memberitahukan hal-hal terkait informasi terbaru mengenai Layanan kepada Pengguna melalui alamat dan kontak yang didaftarkan oleh Pengguna, termasuk namun tidak terbatas melalui Telp, SMS, email, atau media pemberitahuan lainnya. KlinikSehat dan KlinikSehat menghimbau agar Pengguna untuk selalu melakukan pembaruan alamat dan kontak (apabila terdapat perubahan) serta memeriksa alamat dan kontak masing-masing agar terhindar dari ketertinggalan informasi terbaru mengenai Layanan.

  15. Tanpa Jaminan

    Kami TIDAK memberikan jaminan pada Pengguna terkait:

    • Bahwa kualitas produk Layanan yang tersedia selalu memenuhi harapan dan kebutuhan Pengguna;
    • Aplikasi, Situs ataupun server penyokong akan terbebas dari virus atau hal lain yang berbahaya yang dapat mempengaruhi jalannya sistem elektronik;
    • Kemampuan perangkat keras, perangkat lunak, atau sistem yang digunakan Pengguna akan sesuai dengan sistem elektronik yang digunakan oleh KlinikSehat.
  16. Penutup
    • Perjanjian ini diatur, ditafsirkan, serta dilaksanakan berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Republik Indonesia dan seluruh pihak terkait wajib untuk tunduk kepada semua peraturan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
    • Apabila Syarat dan Ketentuan ini dibuat dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Asing, maka keduanya akan memliki sifat mengikat yang sama. Namun apabila terjadi ketidakkonsistenan antara Bahasa Indonesia dengan Bahasa Asing tersebut, maka versi Bahasa Indonesia yang akan berlaku.
    • Dengan mengakses atau menggunakan Layanan KlinikSehat, berarti pengguna telah memahami dan menyetujui serta terikat dan tunduk dengan segala Syarat dan Ketentuan ini. Hubungan antara KlinikSehat dan Pengguna merupakan suatu hubungan independen dan tidak memiliki hubungan keagenan, kemitraan, usaha patungan, karyawan-perusahaan atau pemilik waralaba-pewaralaba yang akan dibuat atau dibuat dengan adanya Perjanjian ini.
    • Judul di dalam Ketentuan ini dibuat hanya sebagai acuan, dan sama sekali tidak menetapkan, membatasi, menjelaskan atau menjabarkan apa yang termaktub dalam pasal atau ketentuan tersebut.
    • KlinikSehat memiliki hak untuk menginvestigasi dan menuntut untuk setiap pelanggaran atas Perjanjian sesuai dengan hukum yang berlaku.
    • Pengguna dengan ini mengakui bahwa KlinikSehat memiliki hak untuk mengawasi akses penggunaan Layanan KlinikSehat untuk memastikan kepatuhan Para Pihak atas Perjanjian ini, atau untuk mematuhi peraturan yang berlaku atau perintah atau persyaratan dari pengadilan, lembaga administratif atau badan pemerintahan lainnya di Republik Indonesia.
    • Apabila terdapat 1 (satu) atau lebih ketentuan di dalam Perjanjian ini yang dinyatakan tidak berlaku, melawan hukum atau tidak dapat dilaksanakan berdasarkan ketentuan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia, maka keadaan tersebut tidak memengaruhi keberlakuan ketentuan-ketentuan lain dalam Perjanjian ini.
    • Segala perselisihan yang berkaitan dengan Syarat dan Kententuan ini, pertama kali akan dilakukan penyelesaian secara musyawarah untuk mufakat oleh para pihak. Jika penyelesaian secara musyawarah untuk mufakat tidak dapat dilakukan, maka para pihak dapat mengambil keputusan untuk menyelesaikan perselisihan yang terjadi melalui Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.
    • Syarat dan Ketentuan ini merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dengan Kebijakan Privasi.